SOAL UN SMA TAHUN 2014/2015 BAHASA INDONESIA
Cermati teks berikut untuk menjawab soal no 1 dan 2!
Kita menjelma sebagai mesin dari sebuah siklus, tidak lagi mempunyai
kepekaan untuk melihat hal-hal diluar diri kita sendiri. Kita hanya peduli
pada diri sendiri atau golongan sendiri. Kita menjadi mahkluk yang
berkelompok berdasarkan kepentingan, bukan berdasarkan kebersamaan. Contoh
dapat kita lihat perumahan elite, rumah-rumah satu dengan yang lain
dibatasi tembok tinggi dan tertutup rapat, menutup pintu buat orang di luar
diri mereka. Jadi, tanpa sadar kita pun terjebak menjadi pribadi-pribadi yang
hanya sibuk dengan diri sendiri, memperjelas batas kau dan aku.
|
A.
Selalu menutup rapat
pintu rumahnya untuk siapa saja yang datang.
B. Sudah terbiasa melakukan kegiatan yang bernilai
kebersaman.
C.
Banyak keinginan orang
bertempat di rumah elite.
D.
Sering kita memisakan
diri dari keadaan yang ada di lingkungan.
E. Kita tidak lagi mempunyai kepekaan untuk melihat hal-hal diluar diri
sendiri.
2. Tujuan penulis sesuai isi teks tersebut adalah….
A.
Melaporkan
kejadian-kejadian penting yang ditemukan dalam masyarakat
B. Membandingkan kepekaan orang-orang dulu dengan
orang-orang yang hidip dizaman sekarang
C.
Mengingat perlunya rumah-rumah
di wilayah elite member pagar rumah
D.
Menggambarkan lunturnya
rasa kepekaan kita terhadap masalah diluar diri sendiri
E. Menjelaskan sulitnya berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar kita
karena kesibukan
Bacalah pengalan cerpen berikut dengan cermat untuk menjawab soal-soal
nomor 3 dan 4!
Tardi kembali diam. Ia benar-benar bingung dengan permintaan
istrinya yang dianggap tidak masuk akal. Aneh. Janggal. Betapa tidak, disaat
orang susah mendapatkan pekerjaan, Asfina malah ingin berhenti bekerja.
“Apa karena pendapatan kamu tidak sesuai dengan yang kita harapkan?”Tardi
kembali melontarkan pertanyaan, setelah cukup menunggu lama reaksi dari
istrinya. Namun, Asfina tetap bergeming. Pertanyaan ini dilontarkan Tardi,
karna istrinya pernah melontarkan kekecewaannya dengan besar gaji yang
ia terima tiap bulan. Memang gaji yang diterima Asfina tiap bulan pas-pasan.
“Kalau dihitung-hitung saya ini jadi kayak orang kerja bakti, Mas.” Kata
asfina.
“Kalau memang begitu, lebih baik kamu tidak usah bekerja saja, Dik.”
Komentar Tardi setelah berkali-kali istrinya melontarkan kalimat yang sama, ketika
itu.
“Ya, bukan tidak ada hasilnya, Mas,” ujar Asfina.
“Tadi kamu bilang kerja bakti. Lalu kenapa….”
“Lantas….?”
Saya merasa senang jika ada murid yang berprestasi. Bangga bila apa yang
saya ajarkan dapat bermanfaat bagi mereka. Jadi, bukan materi yang saya
peroleh, Mas. Melainkan kepuasan batin.”
|
3. Keterkaitan peristiwa dalam kutipan cerpen tersebut dengan kehidupan
sehari-hari adalah.....
A.
Suami bingung dengan
istri yang bekerja
B.
Istri kecewa dengan
besar gaji setiap bulan
C.
Suami melarang istri
bekerja
D. Guru senang bila murid berprestasi
E. Suami peduli dengan istrinya yang ingin bekerja
4. Mengapa Tardi(suami Asfina) merasa bingung dengan permintaan istrinya?
A.
Asfina berhenti bekerja
karna mendapat pekerjaan yang berat
B.
Asfina minta berhenti
bekerja padahal ekonomi dari suaminya pas-pasan
C.
Asfina manginginkan
berhenti bekerja padahal ia ingin menabung untuk keluarganya
D. Asfina meminta berhenti bekerja padahal orang sulit
mendapat pekerjaan
E. Istri berhenti bekerja padahal ia berguna untuk orang lain, anak, dan
suaminya
5. Cermati pengalan gurindam berikut!
Barang siapa yang mengenal hal tersebut, tahula ia maka takut
|
Makna isi gurindam tersebut adalah.....
A. Orang yang meyakini adanya Tuhan takut berbuat dosa
B.
Orang yang sudah
mengenal Tuhan tidak akan takut salah melangkah
C.
Orang yang takut kepada
Tuhan akan berusaha mengenal tuhan
D.
Patuhi perintah Tuhan
dengan mengenal segalah oerintah-nya
E. Bila sudah mengenal Tuhan, tentu ia tahu arti kata
takut
6. Bacalah puisi berikut dengan teliti!
Kehilangan mestika
Sepi berhembus angin menyejuk diri,
Kelana termenung
Merenung air,
Lincah bermain ditimpah sinar.
Hanya sebuah bintang
Kelip kemilau,
Tercampak di langit
Tidak baerteman
Hatiku,hatiku,
Baelumkah sejuk dibuai bayu,
Girang beriak mencontoh air.
Atau alaskan bintang biarpun sunyi,
Tetap bersinar berbinar-binar,
Petunjuk nelayan di samudera lautan?
(Aoh karta Hadimadja)
|
Makna kata bintang adalah.....
A. Impian
B.
Kenikmatan
C. Harapan
D.
Kekuatan
E. Kekuasaan
7. Bacalah puisi berikut dengan seksama!
MASA BARU
Kepada Heinrich Heine
Sekali tiba masa ketika,
Dunia mewah gugur merata,
Enyah seni murni indah,
Tangan kasar aka merobek,
Segala apa nan molek,
Akan meremuk mencabik,
Semua nan halus cantik.
Dan....
Sajakku kelak membungkus karang,
Proses puisiku pembungkus kopi,
Dewi seni akan menangis,
Namun betapa rela,
Datanglah cepat”ketika” itu,
Ketika jelata akan bertakhta,
Akan kuasa,
Dunia adil sama rasa sama rata
(Purwa Atmadja)
|
Suasana dalam puisi tersebut adalah..
A. Kepuasaan
B.
Kekecewaan
C.
Keoptimisan
D.
Kepesimisan
E. Kepasrahan
Cermati kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 8 dan 9!
Anita siswi SMA kelas XII mempunya kelebihan berat badan. Suatu hari
Anita ingin melakukan diet dan berjilbab seperti wiwin siswi kela X yang
sring kelihatan berdua dengan Agus, ketua osis. Anita menyukai Agus yang
ganteng, pintar, dan alim. Anita rela tidak sarapan dan mengubah kebiasaan
ngemilnya. Akibatnya Anita jatuh sakit. Anita telah salah sangka karena Wiwin
ternyata adik kandung Agus. Anita menyadari kesalahannya. Ia berjilbab dan
berdiet sampai sakit dengan niat hanya untuk memikat perhatian Agus.
|
8. Tindakan Anita yang dinilai positif adalah...
A.
Melakukan diet karena
ingin tampil menarik perhatian pria yang disukainya
B. Menyadari kekeliruan karena salah sangka terhadap
wiwin
C.
Tidak mau disaingi oleh
wanita lain karena ia menyenangi temannya
D.
Menghentikan kebiasaan
sarapan pagi karena ingin diet
E. Menyesali diri karena telah terlanjur melakukan diet
9. Simpulan isi cerpen tersebut adalah..
A. Seorang gadis rela melakukan diet dan mengubah cara
berpakaiannya demi menarik perhatian pemuda yang disukanya
B. Seorang pemuda tidak akan tertarik kepada gadis yang berpenampilan
berlebihan dan terlalu agresif mengejarnya
C. Seorang gadis menyarankan pemuda yang disukai agar mengubah penampilan dan
gaya berpakaiannya
D. Seorang pemuda pasti tertarik kepada seorang gadis yang berusaha mengambil
perhatiannya secara sederhana
E. Seorang pemuda atau seorang gadis akan merasa saling tertarik melalui
perilaku yang sopan dan santun
Cermati tajuk rencana berikut untuk menjawab soal nomor 10 dan 11!
Penggunaan jasa penerbangan tentu berharap semua maskapai
mencapai standar keselamatanexcellent. Berbeda dengan bus kota
yang telah mogok di tengah jalan, bagi transportasi udara, kerusakan mesin
dan kekacauan sistem pascalepas landas adalah dosa terbesar.
Maskapi penerbangan tidak boleh terjebak dalam
perang tarif. Liberalisasi dalam pasar bebas tidak berarti kebebasan dalam
mematikan pesaing dalam menerapkan tarif serendah-rendahnya. Karena kalau itu
yang terjadi, dan setandar keselamatan dikorbankan, maskapai penerbangan
sejatinya tengah mematikan pengguna jasa dalam arti harfiah
|
10. Opini penulis yang terungkap dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah……
A. maskapi penerbangan harusmemiliki setandar keselamatan dan tidak boleh
terjebak dalam perang tariff
B. transportasi udara yang mengalami kerusakan mesin merupakan bencana dan
dosa besar
C. maskapi penerbangan tidak boleh melakukan liberalisasi dalam pasar bebas
D. jika setandar keselamatan dikorbankansejatinya telah menerapkan tarif
serendah-rendahnya
E. selama ini maskapai penerbangan terus menerus
menyeramkan bagi penguna jasa.
11. Keberpihakan penulis dalam kutipan tajuk rencana adalah kepada….
A. Maskapai penerbangan
B. Pengusaha penerbangan
C. Pengguna jasa penerbangan
D. Pemerintah
E. Pengelolah penerbangan
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 12 dan 13!
Peran
perempuan dan laki-laki dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan menuju
kesejahteraan bangsa perlu perhatian khusus. Melalui peringatan Hari Ibu tahun
ini diharapkan adanya peningkatan pendidikan politik dan partisipasi perempuan
dalam pengambilan keputusan dan peningkatan peran perempuan dan laki-laki dalam
membangun ekonomi kreatif yang berwawasan lingkungan. Di
samping itu, diharapkan juga peningkatan peran laki-laki dan keluarga dalam
penghapusan diskriminasi terhadap perempuan dan anak.
12. Ide pokok paragraf tersebut adalah ...
A. peningkatan pendidikan politik bagi perempuan
B. peningkatan perempuan dan laki-laki
C. partisipasi perempuan dalam keluarga
D. penghapusan diskriminasi perempuan dan anak
E. pembangunan mental perempuan berwawasan lingkungan
13. Makna kreatifdalam paragraf tersebuat adalah ...
A. mempunyai wawasan luas
B. Ttdak ada tandingan
C. memiliki daya cipta
D. selalu ingin tahu
E. hal yang bermanfaat
Bacalah kutipan Sastra Melayu Klasik berikut dengan seksama untuk menjawab
soal nomor 14 dan 15!
...
Pemburu itu merentangkan jaringnya dan membubuh umpanya berkeliling, kemudian
bersembunyilah ia di balik hutan itu. Seketika datanglah sekawan burung
tekukur, adalah dalam sekawan tekukur itu seorang rajanya. Sekalian tekukur itu
singgahlah memakan umpan itu .. sekaliannya itu pun terkenalah jaring itu.
Demi
dilihat oleh pemburu itu segala tekukur itu sudah terkena jaring, sukacitalah
ia terlalu sangat serta berlari-lari datang hendak menangkap burung itu. Pada
ketika itu berkatalah raja tekukur itu kepada segala rakyatnya, “Hai kamu
sekalian, dengarlah olehmu bicaraku. Sementara belum datang pemburu itu, hendaklah
kamu sekalian terbangkan jaring itu, supaya kita terlepas daripada bahaya ini.”
Demi
didengar oleh segala tekukur itu akan titah rajanya, sekaliannya itu pun
terbanglah ke udara membawa jaring itu.
(Hikayat Kalilah dan Damnah)
14. Kemustahilan yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah ...
A. sekawanan burung tekukur menerbangkan jaring yang
berisi teman-temannya yang terjarat.
B. sekawanan burung tekukur memakan umpan yang tebarkan pemburu di sekeliling
jaring.
C. dalam sekawanan burung tekukur terdapat seekor burung sebagai rajanya.
D. raja tekukur ikut terbang bersama rakyatnya dan terjerat jaring pemburu.
E. seorang mempunyai pikiran yang cerdik untuk melepaskan rakyatnya dari
kebinasaan.
15. Nilai sosial yang tampak pada kutipan tersebut adalah …
A. memberi makan burung-burung bebas
B. raja ikut sengsara bersama rakyatnya
C. menolong seksama dari kesulitan atau bahaya
D. bersuka cita melihat jerat mengena sasaran
E. mengecoh musuh dengan tipuan
Cermati paragraf berikut ini untuk menjawab soal nomor 16 dan 17!
(1)Menata pola makan
dan aktivitas fisik merupakan cara untuk menurunkan risiko stroke, termasuk
rutin mengonsumsi makanan kaya potasiun. (2) Buah dan sayur adalah sumber
potasium yang baik. (3) Tidak sulit mendapatkan potasium karena ia terkandung
dalam berbagai buah dan sayuran. (4) Hal itu diungkapkan para peneliti yang
telat meriset 90.000 wanita dari usia 50 hingga 79 tahun selama 11 tahun. (5)
Dengan demikian, mengonsumsi makanan kaya potasium akan membantu mengurangi
risiko terkena stroke.
16. Kalimat fakta pada paragraf tersebut adalah kalimat nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
17. Simpulan paragraf tersebut adalah ...
A.
Tidak sulit mendapatkan
potasium karena ia terkandung dalam berbagai buah dan sayuran.
B. Mengonsumsi makanan kaya potasium dapat mengurangi
risiko terkena stroke.
C.
Menata pola makan dan
aktivitas fisik merupakan cara untuk menurunkan berat badan.
D.
Wanita yang mengonsumsi
potasium memiliki risiko gangguan ginjal sepuluh oersen lebih rendah.
E. Mengonsumsi potasium berlebihan tidak baik, terutama bagi orang lanjut usia
dan penderita gangguan ginjal.
18. Cermati penggalan biografi berikut!
Kepiawaian
Idris Sardi dibentuk sejak kecil. Saat berusia enam tahun sudah menggesek biola
dan minta diajari. Sang ayah masih kurang mengacuhkannya. Namun, dia terus
gigih belajar menggesek biola. Pada usia delapan tahun, Idris sudah
berkesempatan belajar menggesek biola pada Nicolai Vorfolomeyeff, seorang
musikus dari Ruia yang kala itu turut memimpin Orkes Radio Jakarta. Idris yang
masih kelas III SD diterima Nicola sebagai mahasiswa luar biasa Akademi Musik
Indonesia (AMI) Yogyakarta.
Sejak
masih bocah cilik dia sudah sangat sibuk. Pagi hari dia harus ke RRI, sebelum
ke sekolah. Siangnya kuliah sebagai mahasiswa luar biasa AMI. Sorehnya ke RRI
lagi. Si bocah kecil, nan ajaib itu kian lincah bermain biola, laksana Mozart
dalam komposisi. Ketika usianya sepuluh tahun, pada 1949, Idris pertama kali
berkesempatan ikut dalam konser AMI, di Gedung Negara, Wakil Presiden Republik
Indonesia (1972-1978) Yogyakarta. Dia menjadi rebutan penonton yang antre
meyalami sesuai pergelaran. Sang ayah baru sadar atas bakat dan keahlian
anaknya yang luar biasa, bahkan akan melebihinya. Sadar akan hal itu, Sang ayah
makin mendorong dan mendukungnya.
Idris
tumbuh menjadi seorang musisi berbakat dan hebat. Dia sukses sebagai ilustrator
dan penata musik film. Dia pun meraih beberapa penghargaan komponis dan
ilustrator musik untuk film. Idris Sardi mempunyai seorang murid yang telah
sukses menjadi violis juga, yaitu Fayza Maylaffayza Wiguna. Menurut Fayza,
gesekan Idris mengandung kekuatan irama yang sukar diikuti.
Keteladanan tokoh Idris Sardi pada penggalan biografi tersebut adalah ...
A. Menggunakan kesempatan belajar denga baik sebagai pengalaman hidupnya.
B. Menjadi penyair radio RRI Yogyakarta dijalaninnya sejak masih kelas III SD.
C. Bakat dan keahlian bermain biola menjadikannya meraih beberapa penghargaan
di bidang musik.
D. Kegigihannya dalam belajar membuat ia hidup sukses dan menjadi manusia luar
biasa.
E. Gesekan biola Idris Sardi mengandung kekuatan irama
yang sukar oleh murid-murid.
19. Cermati kutipan berikut!
“Las,
mereka tahu apa dan siapa kamu sebenarnya. Tapi aku tidak tahu mengapa mereka
lebih suka cerita palsu, barangkali untuk menyakiti aku dan kamu. Sudahlah Las,
biarkan mereka. Kita sebaiknya nrimasaja. Kata orang, nrima
ngalah luhur wekasane.”
(Bekisar Merah, Ahmad Tohari)
Pendeskripsian watak tokoh aku yang pasrah dalam kutipan
novel tersebuat diungkapkan melalui ...
A. Uraian langsung pengarang
B. Ciri fisik tokoh
C. Lingkungan disekitar tokoh
D. Perbuatan tokoh
E. Ucapan tokoh
20. Cermati kutipan berikut!
(1)
Mereka, Wartini dan Syamsu, sering bermain musik bersama-sama. (2) Wartini
bermain piano dan Syamsu biola. (3) Sejak kedatangan Syamsullah, Wartini mulai
bermain piano kembali. (4) Sekali, malam-malam, Wartini dan Syamsu memainkan
lagu Ave Maria, karangan Gounod. (5) Aku waktu itu sedang
sakit kepala sedikit dan tidur saja dalam kamarku.
Latar waktu pada paragraf tersebut terdapat dalam kalimat nomor ...
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (4) dan (5)
21. Cermati paragraf berikut!
(1)
Pencegahan kecelakaan berlalu lintas harus dilakukan oleh pengendara. (2) Siapa
pun tidak pernah tahu dan tidak pernah ada yang mau celaka. (3) Salah satu cara
pencegahan itu yaitu selalu berdisiplin berlalu lintas. (4) Berdisiplin berarti
selalu waspada terhadap hal-hal yang membahayakan pengendara. (5) Contoh
perilaku disiplin yaitu menggunakan atribut pengendara secara benar, mengatur
kecepatan laju kendaraan, dan mematuhi peraturan lalu lintas.
Kalimat utama paragraf tersebut adalah nomor ...
A. (1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E. (5)
22. Cermati kalimat-kalimat berikut!
Kalimat utama: Di layar televisi muncul bakat-bakat muda yang melahirkan
karya yang sangat berkualitas.
Kalimat penjelas:
(1) Seluruh genre yang ditayangkan harus digarap dengan serius agar
berimbang dan memenuhi selera penonton.
(2) Karya mereka banyak yang ditayangkan di sejumlah stasiun televisi.
(3) Sutradara Lasja F. Susanto (43) yakin penonton Indonesia mampu
mengapresiasi beragam tema film.
(4) Karya tersebut antara lain, Bab yang Hilang, Jalan Petang, dan Mereka
Kini.
(5) Film dokumenter sejarah Bab Yang Hilang terbukti
diminati penonton.
Kalimat penjelas yang sesuai dengan kalimat utama tersebut terdapat pada
kalimat nomor ...
A. (1), (2), dan (4)
B.
(1), (3), dan (4)
C. (2), (3), dan (5)
D.
(2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
Grafik berikut untuk menjawab soal nomor 23 dan 24.
Bacalah dengan cermat!
23. Pernyataan yang sesuai dengan isi grafik tersebut adalah ...
A.
Subsidi BBM di
Indonesia mengalami peningkatan sebelum tahun 2005.
B.
Tahun 2008 subsidi BBM
meningkat dari tahun sebelumnya.
C. Jumlah subsidi BBM yang paling rendah diberikan pada
tahun 2009.
D.
Subsidi BBM tahun 2010
lebih tinggi dari tahun 2011.
E. Dari tahun 2009 sampai tahun 2013 subsidi BBM selalu meningkat.
24. Simpulan isi grafik yang sesuai adalah ...
A. Jumlah subsidi BBM di Indonesia dalam rentang waktu
2005-2013 pada umumnya menurun.
B. Jumlah subsidi BBM di Indonesia dalam rentang waktu 2005-2013 menunjukan
angka yang tidak stabil.
C. Dalam kurun waktu 2005-2013 terjadi dua kali penurunan jumlah subsidi BBM
di Indonesia.
D. Jumlah subsidi BBM di Indonesia dalam rentang waktu 2005-2013 tidak pernah
mengalami penurunan.
E. Jumlah subsidi BBM di Indonesia dalam rentang waktu 2005-2013 setiap tahun
mengalami peningkatan.
25. Cermati kutipan cerpen tersebut!
“Saya
tidak mengerti sekali-kali bagaimana pikiran Saleh, maka ia meminta berhenti
dengan tiada berbicara lagi dengan familinya. Anak-anak muda sekarang sangat
memudahkan segala sesuatu. Seratus dua puluh tahun dengan pendapatan sebesar
itu. Tetapi itu dibuangnya saja dengan ucapan yang bukan-bukan: hendak bekerja
sebagai manusia bebas; hendak mencari pekerjaan yang sesuai dengan kata
hatinya; pekerjaan kantor yang tenang itu dikatakannya pekerjaan mesin yang
mematikan semangat ...”
“...
percaya saja, bahwa ia tidak senang pekerjaan tentang dalam kantor, mengisi
daftar ini, menyalin surat anu, mengatuk-ngatuk menanti pukul dua”.
(Layar terkembang, Sutan Takdir Alisyahbana)
Kalimat esai yang sesuai dengan kutipan novel tersebut adalah ...
A. Penggambaran pemberontakan prinsip seorang anak terhadap orang tuanya dalam
cerpen tersebut, terasa sangat sesuai dengan apa yang ditemukan dalam kehidupan
nyata.
B. Cerita yang ini sangat sulit dicerna oleh pembaca oleh generasi zaman
sekarang karena cerita yang diungkapkan berupa suatu fakta yang dibuat-buat
atau di luar logika.
C. Dalam cerita ini pengarang menggunakan bahasa yang sulit dipahami sekalipun
dia sudah mencoba memaparkan suasana dalam cerita secara detail.
D. Bila dicermati dengan baik isi cerita tersebut, tampak kekurang jelasan
alur cerita sehingga tidak tergambar konflik yang dialami tokoh.
E. Diksi yang digunakan dalam cerita banyak dipengaruhi
oleh beberapa kata bahasa daerah si pengarang, misalnya penggunaan kata sekali-kali,
tiada, dan, hendak.
26. Cermati kutipan novel berikut!
“Sembilan
orang ... baru sembilan orang Pamanda guru, masih kurang satu
...,” katanya gusar pada bapak kepala sekolah. (LP:20)
Ibunda guru,
mesti tahu bahwa anak-anak kuli ini kelakuannya kasar (LP:71)
“Gambar
TV itu bisa dipantul-pantulkan melalui kaca, Ayahanda Guru,”
kata Mahar berbinar-binar dengan ekspresi lugu. (LP:153)
“Silakan Ananda perkenalkan
nama dan alamat rumah ...” pnta Bu Mus lembut pada anak Hokian itu.
(Laskar Pelangi, Andrea Hirata)
Kalimat kritik yang tepat untuk kutipan karya sastra tersebut adalah ...
A. Penggunaan kata sapaan terasa ‘menggelitik’ karena diucapkan lengkap dan
baku dalam percakapan sehari-hari.
B.
Penggunaan sapaan dalam
bahasa daerah yang tidak biasa digunakan boleh digunakan dalam karya sastra.
C. Kata sapaan yang digunakan pada novel tersebut, sudah
biasa dijumpai dalam karya sastra.
D.
Kata sapaan tersebut
biasa digunakan dalam keseharian oleh masyarakat Belitung baik dalan situasi
resmi maupun tidak resmi.
E. Apakah benar seorang anak masih usia SD menggunakan sapaan sesantun itu
kepada gurunya.
27. Cermati penjelasan berikut!
Buku Lidah
Sembilu yang ditulis oleh Damhuri Muhammad berisi enam belas cerita
pendek. Isi cerita berasal dari cerita kaba (cerita rakyat sehari-hari di
daerah Minangkabau), antara lain “Karnaval Pusar”, “Lidah Sembilu”, dan
“Perempuan Berkerudung Api”. Cerita berkisah pada kepercayaan terdahap
guna-guna, mistik, dan akhir cerita berupa akibat dari apa yang dilakuakan oleh
tokoh.
Kalimat resensi yang menunjukkan kelemahan sesuai dengan data adalah ...
A. Cerita-cerita yang dibuat oleh Damhuri Muhammad adalah
cerita yang sudah sangat lazim dan bermanfaat bagi pembaca.
B. Cerita-cerita yang dibuat oleh Damhuri Muhammad tidak dapat digolongkan ke
dalam sebuah kumpulan cerpen.
C. Damhuri Muhammad adalah seorang penulis yang tergolong masih muda
pengalaman sebagai penulis cerpen di dunia sastra.
D. Kumpulan cerpen Damhuri Muhammad yang berjudul Lidah Sembilu hanya
dapat dikategorikan cerita fiksi biasa karena berisi hal-hal yang dibumbui
mistik.
E. Dapat dikatakan bahwa seorang penulis cerpen seperti Damhuri Muhammad masih
memerlukan penegesahan dalam penciptaan karya sastra.
28. Cermati kutipan teks drama berikut!
Anak : “Sudahlah, Bu. Sudah larut, Ibu tidur saja.”
Ibu : “Aku belum mengantuk, Tin.”
Anak : “Kepala Ibu sudah berkali-kali terbentur ke meja. Itu tandanya
Ibu mengantuk.”
Ibu : “Jangan memaksa Ibu untuk tidur, Tin.”
Anak : “...”
Ibu : “Walaupun sudah larut malam, Ayahmu pasti
pulang, Tin. Jika Ayah tidak pulang, pasti dari tadi memberi tahu Ibu.”
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks drama tersebut adalah ...
A. Ibu nanti jatuh sakit. Tidurlah.
B. Masih perlukah Ibu menunggu kepulangan Ayah?
C. Tidak biasanya Ibu berjaga sampai selarut ini.
D. Mari, Ibu saya pijiti supaya tidak ngantuk.
E. Ibu harus menjaga kesehatan Ibu supaya tidak jatuh
sakit.
29. Cermati teks pidato berikut!
Hadirin yang berbahagia,
Bencana
alam terjadi dimana-mana sehingga sangat merugikan bagi manusia dan alam
sekitarnya. Kita kehilangan harta benda ataupun orang-orang yang kita sayangi.
Mengapa bencana alam terjadi? Apakah karena ulah manusia sendiri yang mulai
kurang peduli dengan lingkungan? Hutan digunduli tanpa perhitungan, pohon-pohon
dijarah oleh manusia serakah, sampah dibuang di saluran-saluran air.
Pembangunan dilakukan tanpa memperhatikan lingkungan. Kita tidak ingin bencana
alam terjadi lagi ...
Kalimat imbauan untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah ...
A. Marilah kita jaga linglungan kita dengan bersikap
lebih bijak dan peduli terhadap alam di sekitar kita.
B. Jangan mengulang sikap-sikap yang tidak terpuji karena kita tidak ingin
bencana terulang lagi.
C. Sebaiknya kita bersatu pada menjaga dan melestarikan kekayaan bangsa dan
tanah air kita.
D. Lingkungan harus dijaga dengan baik sehingga akan memberikan manfaat kepada
kita.
E. Manusia dapat bersikap bijaksana dalam mengolah lingkungan dan
berpartisipasi terhadap lingkungan sekitar kita.
30. Cermati bait puisi berikut!
Aku memandangi dirimu
Melahap langit dengan mataku
Menyentuhkan air mata di hatimu
Mencari surga tempat di mana aku mendengar gumam
Kerinduan yang ...
Evi Idawati
Untaian kata berima yang tepat untuk melengkapi larik puisi tersebut adalah
...
A. Mengait hati
B. Mengasah tatapan
C. Merajam batu
D. Meleburkan malam
E. Membebas diri
31. Baca cermat kutipan berikut!
Lurus
jalan ke Payahkumbuh
Kayu
jati bertimbal jalan
...
Jika
diri hilang harapan
Larik yang paling tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ...
A. Bagaimana hati takkan rusuh
B. Bagaimana tidak akan sedih
C. Hati ini akan selalu gunda
D. Hati ini akan selalu sedih
E. Bagaimana tidak akan susah
32. Cermati topik berikut!
Topik: Penggunaan pupuk urea menyebabkan kesuburan tanah menurun.
Rumusan masalah yang sesuai dengan topik tersebut adalah ...
A. Sejak kapan petani lebih menyukai penggunaan pupuk urea?
B. Adakah cara lain agar tanah dapat ditanami?
C. Mengapa penggunaan pupuk urea menurunkan kesuburan tanah?
D. Apa yang menyebabkan penggunaan pupuk urea meningkat?
E. Apa yang dapat kita lakukan untuk menyuburkan tanah?
33. Cermati topik berikut!
Topik karya tulis: manfaat makan sayur bagi kesehatan anak-anak
Kalimat latar belakang yang sesuai dengan topik tersebut adalah ...
A. Banyak anak-anak yang tidak suka makan sayur walaupun dimasak bervariasi.
B. Sayur dalam makanan anak sangat penting bagi pertumbuhan dan kesehatan
anak.
C. Banyak ibu yang kesulitan menyuruh anak untuk makan sayur setiap hari.
D. Sangat sulit menyuruh anak makan sayur setiap hari karena tidak enak dan
membosankan.
E. Banyak ibu yang belum memperhatikan manfaat makan
sayur bagi kesehatan anak.
34. Cermatilah kalimat topik karya ilmiah berikut!
Judul: Ibu Guru mengoreksi karya tulis Satrio yang berjudul
“pembudidayaan tanaman anggrek di lingkungan rumah”.
Penulisan judul karya tulis ilmiah tersebut yang sesuai dengan EYD adalah
...
A. Pembudidayaan tanaman anggrek di lingkungan rumah
B. Pembudidayaan tanaman anggrek di Lingkungan Rumah
C. Pembudi dayaan Tanaman Anggrek Di lingkungan Rumah
D. Pembudi Dayaan Tanaman Anggrek di Lingkungan Rumah
E. Pembudidayaan TanamanAanggrek di Lingkungan Rumah
35. Perhatikan kalimat berikut!
Berdasarkan
iklan di harian Berita, 25 Juli 2011, dengan ini saya sangat
ingin melamar pekerjaan sebagai manager perusahaan pada perusahaan yang
Bapak/Ibu pimpin.
Perbaikan kalimat pembuka surat lamaran tersebut adalah ...
A. Mengganti sangat ingin menjadi berniat
B. Mengganti berdasarkan menjadi berkaitan dengan
C. Mengganti sangat ingin menjadi berencana
D. Mengganti sangat ingin melamar menjadi mengajukan
lamaran
E. Mengganti berdasarkan menjadi sehubungan
dengan
36. Cermati ilustrasi berikut ini!
Rudi
adalah seorang Sarjana Teknik Bangunan UGM. Ia menyelesaikan kuliahnya tahun
2010 dengan IP 3,8. Rudi lahir di Wamena, 25 April 1987, memiliki kemampuan
merancang bangunan tahan gempa yang telah teruji. Ia juga mampu mengoprasikan
komputer dalam berbagai program.
Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan berdasarkan inisiatif sendiri yang
sesuai dengan ilustrasi adalah ...
A. Kami, Rudi, seorang Sarjana Teknik Bangunan UGM yang memiliki pengalaman
pemasaran perumahan ingin melamar pekerjaan diperusahaan Bapak.
B. Saya, Rudi, Sarjana Teknik Bangunan tamatan Universitas Gajah Mada,
memiliki kemampuan merancang bangunan tahan gempa, mengajukan lamaran pekerjaan
di perusahaan Bapak.
C. Rudi adalah seorang yang memiliki kemampuan membangun rumah tahan gempa dan
bermaksud melamar pekerjaan di tempat Bapak.
D. Saya merancang bangunan tahan gempa yang sangat dibutuhkan dewasa ini,
sehingga saya ingin melamar pekerjaan karena IP saya 3,8.
E. Saya tertarik dengan bangunan-bangunan tahan gempa
sehingga berhasil memperoleh gelar Sarjanah Teknik Bangunan dari UGM, dan
bermaksud melamar pekerjaan di perusahaan Bapak.
37. Cermati paragraf berikut!
Saat
ini globalisasi sedang memapar ke seluruh wilayah di dunia, termasuk Indonesia.
Proses ini sedikit banyak membawa pengaruh positif. Salah satunya adalah
memperkaya kreatif dan menciptakan ruang belajar lebih luas
bagi generasi penerus bangsa. Dengan demikian, mereka memiliki bekal komputer untuk
mampu menghadapi masa depan dengan baik. Orang tua juga harus memberikan stimulasi sejak
dini guna mendukung perkembangan intelektualnya.
Perbaikan istilah yang bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah ...
A. Kreasi, kompetitif, simulator
B. Kreatifitas, kompetensi, stimulator
C. Kreativitas, kompetisi, stimulus
D. Kreasi, kompetitif, stimulan
E. Kreative, kompeten, stimulus
38. Cermati paragraf berikut!
Mencegah
urbanisasi merupakan persoalan pelik ... untuk jangka panjang kita harus berani
mengubah kebijakan pembangunan kita. Sangatlah perlu mengurangi kesenjangan
keseimbangan kota ... desa.
Kata penghubung untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A. Tetapi, atau
B. Sehingga, dan
C. Karena, bahkan
D. Agar, dan
E. Juga, serta
39. Cermati teks berikut!
Semenjak
manusia menghuni planet bumi, mereka sudah sering menghadapi masalah kesehatan.
Penyebab utamanya adalah faktor lingkungan mereka ... Namun, karena ilmu
pengetahuan mereka ..., setiap kejadian yang luar biasa dalam kehidupannya
sering dikaitkan dengan hal-hal yang bersifat mistik. Contohnya, waba penyakit
yang melanda sebuah tempat dianggap sebagai kutukan ... dari dewa.
Frasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A. Sangat kotor, sangat kurang, amat berat
B. Cukup kotor, terlalu kurang, agak berat
C.
Paling kotor, angat
kurang, paling berat
D.
Agak kotor, agak
kurang, agak berat
E. Agak kotor, kurang sekali, lebih berat
40. Cermati paragraf deskripsi berikut!
Mataya
begitu indah. Hidungnya mancung. Kulitnya lembut dang hangat. Seluruh
penampilan wajahnya membangun sebuah air muka yang bagi sebagian orang, entah
mengapa, cantik sekali. Ia dianggap memesona. Selain tebal,
rambutnya juga ikal bergelombang, turun sampai menutupi leher.
Kalimat yang tepat untuk menggantikan kalimat yang bercetak miring adalah
...
A. Rambutnya hitam, berkilau, dan tebal.
B. Kecantikannya memesona siapa pun memandang.
C. Rambut bagi wanita merupakan mahkota.
D. Kecantikannya ditunjang oleh keindahan rambutnya.
E. Perpaduan rambut dan wajah sangat serasi.
41. Cermati paragraf berikut!
Noni
tidak disukai teman-temannya, Apa yang dikerjakan oleh teman-temannya selalu
dicelanya. Ada saja kekurangannya. Padahal, dirinya sendiri jika mengerjakan
sesuatu kesalahannya jauh lebih besar. Akan tetapi, ia tidak pernah merasa
diriya kurang. Ketua kelas pernah menegur Noni dengan peribahasa “...”.
Walaupun begitu Noni tetap tidak merasa bersalah.
Peribahasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut ...
A. Kuman di seberang lautan tampak, gajah di pelupuk mata
tak tampak.
B.
Dalam laut dapat
diduga, dalam hati tiada yang tahu.
C.
Berjalan peliharakan
kaki, berbicara peliaharakan mulut.
D.
Kilat mutiara tak
hilang dalam lumpur, tak pudar dalam pakaian.
E. Tak layu jenjang dikeping, tak emas bungkul diasah.
42. Cermati teks berikut!
Akhir-akhir
ini grup band asal Korea sedang digandrungi oleh para remaja di dunia. Grup band
tersebut juga melanggar konser di Jakartauntuk mempromosikan album terakhirnya.
Remaja di Jakarta menyambutnya dengan penuh antusias karena grup band ini
memang sedang ... Banyak remaja yang menonton konsernya terpukau oleh
penampilan mereka. Mereka memberikan apresiasi yang luar biasa sehingga album
mereka terjual laris di pasaran.
Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A. Jatuh hati
B. Jantung hati
C. Naik daun
D. Anak emas
E. Buah bibir
43. Cermati paragraf berikut!
Mutasi
... akan berlangsung akhir Oktober atau awal November mendatang. Sejumlah
Kepala Pimpinan Daerah (SKPD), para camat, lurah, dan kepala sekolah akan
mengisi pos baru. Mereka mulai sibuk ... menduduki jabatan baru.
Kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A. Besar-besar, menyiap-nyiapkan
B.
Membesar-besarkan,
siap-siap
C.
Besar-besaran,
bersiap-siap
D.
Besar-besarkan,
disiap-siap
E. Dibesar-besarkan, siap-siapkan
44. Cermati teks berikut!
Kita
sudah tidak asing lagi mendengar para pemain sepak bola mancanegara mendapat
gaji sangat tinggi. Bahkan, akhir-akhir ini terdengar berita yang sangat ...
dunia olahraga bahwa ada seorang pemain musim panas yang pindah tim dengan
harga transfer hampir satu triliun. Pemain sepak bola tersebut sangat bangga
dengan ... ke salah satu klub besar tersebut. Hal itu membuat dia bermain lebih
baik lagi untuk ... potensinya dalam memainkan si kulit bundar.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A. Dikejutkan, berpindah, berkembang
B. Dikejutkan, berpindahnya, berkembangnya
C. Mengejutkan, kepindahannya, mengembangkan
D. Mengejutkan, dipindahkannya, dikembangkan
E. Terkejut,dipindahkan, perkembangan
45. Cermatilah paragraf berikut!
Setiap hari minggu sudah menjadi ... Ibu untuk membeli
barang-barang kebutuhan rumah tangga di toko. Untuk setiap barang yang
dibelinya, tidak lupa Ibu meminta ... sebagai bukti pembayaran. Ada juga yang
berupa ...
Kata serapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A. Scedule, kwitansi, strook
B. Jadwal, seteruk, kwitansi
C. Jadual, bon, strok
D. Jadwal, kuitansi, setruk
E. Skedul, bon, kwitansi
46. Cermati paragraf berikut!
Ekosistem
di sejumlah kawasan wisata Taman Laut Nasional Bunaken (TLNB) di Manado,
Sulawesi Utara, keimdahannya sudah kesohor di jagad raya. Saat ini tempat itu
terancam rusak. Pasalnya, sampah yang semakin hari semakin numpuk dari
sejumlah muara sungai yang sengaja dibuang oleh orang yang tidak bertanggung
jawab di kota Manado, mengalir ke Teluk Manado. Akibatnya, karang laut yang
indah bersama pemandang di dalam laut yang tidak kalah menakjubkan itu dikuatirkan akan
punah. Tidak cuma itu, objek wisata ini akan sepi dari pengunjung.
Perbaikan kata bercetak miring (tidak baku) dalam paragraf tersebut adalah
...
A. Bertumpuk, dikuatirkan, cuman
B. Ditumpuk, khawatir, hanya
C. Menumpuk, dikhawatirkan, hanya
D. Bertumpuk, khawatir, cuman
E. Ditumpuk, kawatir, hanya
47. Bacalah paragraf naratif berikut!
Begitulah
ibu menggerutu setiap melihat aku mencoret-coret kertas. Aku tak kesal, tidak
sekali pun. Bahkan terkadang ibu mengingatkan aku ketika aku sedang menghadapi
piring nasi. Padahal, ayah pernah berkata, jangan menasehati anak ketika ia
sedang makan ...
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A. Aku hanya diam mendengar omongan ibu.
B. Akan tetapi, ibu tetap menasihatiku.
C. Namun, ibu suka menasihatiku.
D. Itu kulakukan untuk membahagiakan ibu.
E. Ibu tidak mengerti apa yang ada dalam pikiranku.
48. Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
Yang
berdiri paling depan dalam deretan itu, yang berpengang pada kawat rajang
loket, yang tampak seperti karung kosong dijemur di jemuran kain, adalah
seorang lelaki berperawakan kurus. Pakaiannya lusuh, kotor, dan robek-robek.
Bau yang tidak sedap dari keringat tubuhnya pun menyengat. ...
Kalimat yang tepat untuk melanjutkan paragraf deskripsi tersebut adalah ...
A. Orang yang antre di belakangnya menutup hidung dengan sapu tangan
rapat-rapat, tidak dihiraukannya.
B. Udara makin panas, mereka terlihat gelisah, dari raut
mukanya tampak lelah sekali setelah seharian bekerja.
C.
Satu per satu menuju ke
depan loket dan menyodorkan sesuatu, lalu pulang meninggalkan tempat.
D.
Mereka terlihat pula
memegang sesuatu di tangan kiri masing-masing dan memegangnya erat-erat.
E. Sebentar-sebentar orang-orang melepaskan pegangannya di kawat rajang pos
yang tajam dan runcing.
49. Cermatilah kalimat berikut!
(1) Membuat ringkasan melibatkan kerja analisis dan kerja sintesis.
(2) Analisis dan sintesis itu saling berhubungan.
(3) Artinya, dari unsur-unsur kecil dulu, kemudian dirangkai menjadi
kalimat dan paragraf.
(4) Setelah menganalisis, orang akan membuat sintesis.
(5) Jadi, untuk meringkas bacaan, kita harus menafsirkan isinya,
menguraikan unsur-unsurnya, memisahkan pikiran-pikiran utamanya dan
penjelasannya, kemudian menyusun ringkasan dalam beberapa paragraf.
Urutan kalimat tersebut agar menjadi peragraf eksposisi yang padu adalah
...
A. (1), (2), (4), (3), dan (5)
B. (2), (3), (4), (5), dan (1)
C. (3), (1), (2), (4), dan (5)
D. (4), (5), (1), (2), dan (3)
E. (5), (1), (2), (3), dan (4)
50. Cermati paragraf tersebut!
Dalam
pelaksanaan kegiatan Kemah Budaya Nasional, peserta dibekali materi kebudayaan
yang sangat kental. Mereka berlalu-lalang dengan wajah gembira di
sekitarperkemahan. Hal itu dijadikan sebagai bahan penyusunan pedoman
pengenalan dan pengajaran masalah budaya.
Kalimat yang tepat untuk memperbaiki kalimat yang bercetak miring dalam
paragraf tersebut adalah ...
A. Mereka memperoleh pendidikan kebudayaan dalam kegiatan belajar mengajar di
sekolah.
B. Mereka diajak untuk mengamati perilaku budaya
masyarakat di sekitar lokasi perkemahan.
C. Mereka dapat memaknai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika sebagai pola
berpikir positif.
D. Mereka diajak untuk peka dalam memahami permasalahan budaya di masyarakat.
E. Mereka menjalin komunikasi yang baik di antara sesama penganut budaya
nasional.
0 Response to "SOAL UN SMA TAHUN 2014/2015 BAHASA INDONESIA"
Posting Komentar